Author Avatar

admin

0

Share post:

Berita Terbaru – Tahukah Anda bahwa saat ini Islam adalah agama dengan jumlah pemeluk yang paling cepat berkembang di dunia? Saat ini jumlah penduduk muslim sudah mencapai 2 milyar dan masih terus bertambah. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejarah Islam termasuk perkembangannya di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di artikel ini, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang awal mula munculnya Islam. Selain itu, Anda juga bisa mengenal berbagai periode penting dalam sejarah Islam, sehingga agama ini akhirnya masuk ke Nusantara.

Awal Mula Kehadiran Islam

Sebagai agama tauhid yang hanya menyembah Allah SWT, Islam termasuk dalam agama keluarga Ibrahim. Tidak mengherankan jika Islam juga mengakui nabi yang juga dikenal dalam agama Kristen dan Yudaisme; seperti Nuh, Musa, hingga Yes. Meski begitu, pengertian sejarah Islam tidak pernah lepas dari sosok Muhammad bin Abdullah atau yang juga dikenal dengan Rasullullah.

Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awal di tahun Gajah atau pada tanggal 21 April tahun 570 M. Pada masa itu, jazirah Arab dan kota Mekkah pada khususnya, memiliki peradaban yang masih sangat terbelakang dan manusia hidup di zaman kegelapan. Bahkan di masa itu, penguburan bayi perempuan masih umum dilakukan.

Berasal dari salah satu faksi terkemuka yaitu marga Quraisy dan Bani Hasyim, Muhammad dibesarkan sebagai seorang yatim piatu. Ayahnya meninggal saat dia masih dalam kandungan. Sedangkan ibunya, Aminah, meninggal saat Muhammad berusia 7 tahun. Muhammad kemudian dibesarkan oleh kakeknya, Abdul Muthalib, kemudian oleh pamannya, Abu Thalib. Dalam kesehariannya, Muhammad bekerja sebagai penggembala kambing dan juga pedagang.

Salah satu ciri yang membedakan Muhammad dengan pemuda lainnya saat itu adalah kejujuran. Sifat ini akhirnya menarik perhatian pengusaha wanita sukses, Khadijah, yang kemudian menjadi istri Muhammad. Di usianya yang ke-40, atau tepatnya pada tahun 610 M, Muhammad yang sendirian di Gua Hira, Jabal Al-Nur, menerima wahyu untuk pertama kalinya. Diceritakan bahwa Malaikat Jibril mendatangi Muhammad dan memerintahkannya untuk mengulang kata-kata dari Allah.

Dinasti Penting dalam Peradaban Islam

1. Umayyah

Muawiyyah mendirikan Dinasti Umayyah pada tahun 661 yang kemudian dilanjutkan oleh Yazid I. Namun, pada era ini terjadi bentrok dengan salah satu cucu Nabi, Husen. Perseteruan ini kemudian menyebabkan pertempuran sengit di Karbala yang membunuh cucu nabi. Selain itu, Bani Umayyah di bawah Muawiyyah juga menyerang Konstantinopel, namun serangan ini gagal. Pada 750 M, tentara Abbasiyah menyerang kota Damaskus dan menggulingkan dinasti Umayyah. Pada saat itu, kekuasaan dinasti Umayyah telah membentang dari tempat yang sekarang disebut Pakistan hingga Afrika Utara, Maroko, dan semenanjung Iberia atau Al Andalusia.

2. Abbasiyah

Dinasti ini didirikan pada 752 M dan merancang pembangunan kota Baghdad pada 763. Namun di saat yang sama, tentara Abbasiyah yang terus berusaha memperluas pengaruh Islam mengalami kekalahan di Spanyol. Salah satu pemimpin Abbasiyah paling terkenal adalah Harun Al Rashid, yang membawa dinasti ke kejayaan.

Sepeninggal Harun Al Rasyid, terjadilah perang saudara antara Al Amin dan Al Ma’Mun. Selanjutnya pada tahun 1091, kekuasaan Islam di Sisilia juga berakhir setelah penyerangan Norman. Dua abad berikutnya juga merupakan masa konflik dengan Perang Salib. Hingga akhirnya pada tahun 1258, tentara Mongol melakukan penyerangan besar-besaran dan membakar kota Baghdad. Ribuan warga menjadi korban, yang sekaligus menandai berakhirnya era Abbasiyah.

3. Kekaisaran Ottoman

Sering disebut sebagai Turki Ottoman, itu adalah salah satu dinasti Islam yang berlangsung selama 600 tahun. Kerajaan ini lahir pada tahun 1299 dengan Osman I sebagai kaisar pertama. Pada tahun 1453 M, dinasti ini memerintah Anatolia dan Byzantium dan memiliki kendali penuh atas jalur sutra. Hal ini kemudian menyebabkan orang Eropa mencari jalur perdagangan lain. Kerajaan perlahan mulai menurun setelah Perang Krimea dan Perang Balkan. Setelah Perang Dunia I, pada tahun 1925, kekaisaran Ottoman benar-benar runtuh dan tahap ini menandai berakhirnya sistem kekhalifahan.

Kebiasaan Yang Dilakukan Ketika Masuk Bulan Puasa
Jenis Najis Menurut Islam Lengkap Dengan Cara Membersihkannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *