Author Avatar

admin

0

Share post:

Berita Terbaru – Untuk umat Islam, penting mengetahui jenis dan cara membersihkan najis. Yuk, simak pembahasan tentang jenis-jenis kenajisan dalam Islam di sini! Secara bahasa, najis berarti segala sesuatu yang dianggap kotor dan membuat shalat serta ibadah lainnya tidak sah. Menjaga tubuh atau membersihkan tubuh dari kenajisan juga merupakan syarat hukum dari 5 shalat wajib.

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk mengetahui jenis-jenis najis tersebut agar ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Dalam Islam sendiri, najis dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkatannya. Yuk, simak jenis-jenis najis atau jenis-jenis najis berikut cara membersihkannya berikut ini!

 Apakah Najis Itu?

Najis merupakan suati kotoran yang akan menjadi penghalang untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam bahasa Arab, najis berarti al-qadzarah yang artinya kotoran. Sedangkan menurut Asy-Syafi’iyah najis dianggap sesuatu yang dianggap kotor dan menghalangi keabsahan shalat tanpa ada yang meredakannya. Menurut Al-Malikiyah, najis merupakan sifat hukum suatu benda yang mengharuskan seseorang dicegah untuk dapat beribadah jika najis atau najis di dalamnya.

Jenis najis dalam Islam

  1. Najis Mughalladhah (Berat)

Tingkat kenajisan tertinggi dalam Islam adalah najis mughalladhah. Najis disebut najis berat karena perlu perlakuan khusus untuk membersihkannya. Contoh najis ini termasuk menyentuh babi dan terkena air liur anjing secara sengaja atau tidak sengaja. Hal tersebut berdasarkan ayat Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa air liur anjing dan babi adalah najis.

Cara Membersihkan Najis Berat

Karena ini adalah tingkat kenajisan yang paling berat, metode pembersihan najis ini cukup ekstra. Untuk membersihkannya, Anda diharuskan mencuci area yang terkena sebanyak 7 kali. Hal ini dilakukan agar hal-hal yang najis benar-benar lenyap dari bagian tubuh Anda. Sebelum dicuci dengan air bersihkan dulu bentuk najis agar hilang dan tidak berbau. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mencuci bagian yang terkena menggunakan tanah pada pencucian pertama. Kemudian Anda dapat membersihkan cucian berikutnya menggunakan air sebanyak 6 kali.

2. Najis Mutawassithah (Sedang)

Najis mutawassithah adalah salah satu jenis najis tingkat moderat. Contoh mutawasitah najis atau najis sedang antara lain kotoran manusia, darah haid, air mani, minuman keras, kotoran hewan, dan bangkai hewan selain ikan dan belalang. Untuk najis ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu najis ‘ainiyah dan najis hukmiyah. Najis ‘ainiyah adalah medium najis yang berwujud, berasa, dan berbau. Sedangkan hukmiyah najis adalah najis yang tidak nampak pada penampakannya, seperti air kencing dan minuman keras.

Cara Membersihkan Najis Sedang

Ada berbagai cara untuk membersihkan najis tersebut agar tidak meninggalkan warna, bau, dan rasa. Yang dapat dilakukan untuk membersihkan najis tersebut atau cara memurnikannya adalah dengan menyiram, mencuci, dan menyikatnya dengan sabun dan alat pembersih lainnya. Setelah kenajisan tidak ada warna, bau, dan rasa yang tertinggal setelah dibersihkan, bagian yang terkena dianggap suci.

3. Najis Mukhaffafah (Ringan)

Najis mukhaffafah adalah jenis najis yang memiliki tingkat paling rendah atau paling ringan. Contoh najis mukhaffafah yaitu air seni bayi laki-laki yang belum berusia 2 tahun. Selain itu madzi atau air mani yang keluar dari alat kelamin karena terangsang. Karena najis ini tergolong najis ringan maka cara membersihkannya cukup mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Jika tidak ada sesuatu yang najis melekat, itu dianggap bersih atau suci.

Cara membersihkan najis yang ringan

Sedangkan cara membersihkan najis ringan cukup mudah. Cara membersihkan najis ringan yaitu dengan memercikkan air sekaligus pada bagian yang sakit.

4. Najis Ma’fu

Najis ma’fu adalah jenis najis yang diampuni dan tidak perlu dibersihkan atau dibilas. Contoh kenajisan ini adalah bangkai yang tidak mengeluarkan darah dan sedikit darah atau nanah.

Sejarah Agama Islam dan Dinasti Islam Yang Perlu Kamu Ketahui
8 Hal Yang Menjadi Daya Tarik Wisata Taman Lansia Bandung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *