www.foryoutour.co.id – Taman Lansia Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Jangan berfikir negatif dulu, walaupun namanya Taman Lansia bukan berarti dikhususkan untuk para lansia saja. Diberi nama Taman Lansia karena taman ini memiliki usia yang sudah mencapai ratusan tahun. Setidaknya awal berdiri taman ini yaitu tahun 1885.

Sebagai salah satu taman kota, Taman Lansia diresmikan pada tanggal 31 Desember 2014 oleh Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung saat itu. Taman tersebut merupakan taman kota tertua dengan kelestarian dan keindahan. Lalu apa yang bisa kamu lakukan di Taman Lansia? Tentunya jalan-jalan santai sambil menyaksikan berbagai bangunan bersejarah seperti Gedung Sate Bandung.

1. Pohon Tua yang Rindang

Rindangnya pepohonan berumur puluhan tahun disertai angin sejuk tentunya akan menjadi tempat teduh dan penangkal polusi kota yang bisa menemani langkah kaki Anda yang berayun di sepanjang jalur taman. Saat Anda mengayunkan langkah kaki di jalan setapak yang terbuat dari batu alam, Anda akan disambut oleh pepohonan yang rimbun disertai beberapa danau buatan dengan jembatan penghubung lengkap dengan tangga di pinggir danau.

2. Abadikan Momen

Anda bisa berfoto selfie di spot-spot keren dan membuat kenangan berharga yang tak terlupakan. Sempurna kan? Selain menyejukkan hati dan pikiran, Anda juga akan merasa puas karena bisa mengabadikan kenangan selama di sana.

3. Memiliki 2 Danau Yang Indah

Dua danau buatan yang ada di Taman Lansia Bandung tersebut merupakan bagian dari tujuh danau buatan yang berfungsi sebagai pengendali banjir di Cileuncang sekaligus sebagai penampung air hujan agar tidak menyebar ke jalanan. Danau pertama mempunyai luas 1.397 meter persegi dengan kedalaman 4,5 meter. Sedangkan danau kedua mempunyai luas 689 meter persegi dan kedalaman 3,8 meter.

4. Bisa Digunakan Sebagai Tempat Berolahraga

Anda bisa berolahraga di pagi hari atau jogging sambil mendengarkan musik melalui headset atau bersantai menikmati pemandangan atau bermain di taman bermain atau bahkan sekedar duduk di tangga di tepi danau sambil membaca buku.

5. Wisata Taman Lansia Bandung dengan Kuda

Pengelola juga menyediakan tempat persewaan kuda, sehingga Anda bisa berkeliling taman untuk menunggang kuda. Untuk anak-anak, tersedia persewaan kuda tunggal ditemani kusir, sedangkan jika ingin keliling taman sambil menunggang kuda bisa menyewa gerobak.

6. Ada Pasar Terguncang di Akhir Pekan

Anda juga harus mencoba mengunjungi Taman Lansia Kota Bandung, Jawa Barat pada akhir pekan, karena jalan di sekitarnya akan digunakan untuk pasar yang menjual berbagai merchandise, mulai dari makanan, aksesoris, pakaian, barang pecah belah hingga jasa lukis wajah. Layak dikunjungi bukan? Bahkan ada beberapa pedagang yang memberikan diskon hingga 50%, baik untuk sandal atau baju anak-anak hingga dewasa.

7. Wisata Kuliner

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner berbagai sajian makanan dan minuman yang disediakan oleh cafe di taman tersebut. Pantas saja ramai pengunjung? Apalagi kuliner yang akan disajikan banyak sekali, mulai dari siomay, bakso, batagor sampai keripik Maicih Jawa Barat. Berbagai fasilitas juga sudah disediakan untuk menjaga kenyamanan para pengunjung. Di tempat tersebut sudah tersedia toilet, tempat duduk, taman bermain anak, area parkir sampai WiFi gratis.

8. Rekreasi dan Pendidikan di Taman

Kegiatan menarik lainnya di Taman Lansia Bandung adalah KA Kota yang merupakan singkatan dari Kegiatan Rekreasi dan Edukasi Taman Kota yang diselenggarakan oleh Yayasan Pengembangan Usaha dan Bioteknologi. Tujuan dari Kereta Kota sendiri adalah untuk menciptakan masyarakat yang cinta lingkungan, karena warga dapat dengan leluasa bertanya dan berbagi informasi tentang lingkungan dan cara hidup sehat. Tak hanya untuk orang dewasa lho, anak-anak juga bisa mengikutinya. Karena terdapat permainan edukatif dengan tujuan menumbuhkan rasa peduli dan cinta lingkungan sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *